Seputar check up kesehatan anak di UK

by - Thursday, January 18, 2018

Credit: Katie Collins / Alamy Stock Photo
Two year has passed beautifully.  Si anak kicik yang perasaan baru lahir kemarin malem, sekarang ceriwis bukan main.

Kali ini saya pengen sharing seputar apa saja check up kesehatan dari newborn sampai 27 bulan ini. Tulisan ini sedikit nyambung sama post partum story di link ini. Summary tentang health check up dalam bahasa inggris bisa dilihat di referensi Development Checks

Jadi, setelah bayi lahir, dalam 1-2 jam midwive akan menge-check bonding time bayi dan ibu, terutama perlekatan menyusui. Setelah itu akan di check suhu tubuh, berat badan, dan di cek tampilan fisiknya. Enam jam berikutnya, akan di cek apakah bayi sudah mengeluarkan mekonium, sudah pipis, di cek lagi apakah ada menyusuinya oke atau tidak. Kalau semua oke, baik ibu dan bayinya, sudah boleh pulang dari rumah sakit. Tapi karena dulu Nina lahirnya kecil, dia jadi harus di observasi kadar gula darahnya selama 48 jam (dulu pemeriksaannya setiap 2 jam 3x, terus setiap 4 jam, terus di hari kedua setiap 6 jam). Dalam 24 jam akan di cek lagi, apakah bayi sudah pipis dan BAB belum, apakah sudah established feeding patternnya. Nah, sebelum pulang ke rumah, dalam 72 jam bayi akan di check secara komprehensif oleh dokter spesalis anak. Pemeriksaan ini fokus ke pemeriksaan fisik (penjelasan detail ada disini), dulu nia juga sekalian newborn hearing screening di hospital.

Source : Health matters: giving every child the best start in life

Sehari setelah pulang ke rumah, akan ada midwive yang berkunjung, mengecek berat badan bayi, suhu, kuning apa nggak, any problem dalam menyusui, apakah bayi responsif, dll. Disini ibu juga di check kesehatan dan kondisi mentalnya, bagaimana ibu coping dengan motherhood, enjoy apa nggak, need further support apa nggak. Disini, kesehatan mental ibu sangat diperhatikan, demi bisa mendeteksi baby blues dan kalau memang ada, bisa ditangani lebih cepat. Soalnya, rata2 ibu disini (apalagi pendatang kayak kami), ngurus bayinya cuma berdua sama suami, so sangat diusahakan biar ibu sehat jasmani dan rohani. Kunjungan midwive ini sangat membantu buat ibu baru macam saya yang masih berjuang menyusui kala itu. Perlekatan saya belum baik, jadi menyusui masih sakit, masih lecet. Midwive benar2 mengobservasi cara saya menyusui dan menyarankan posisi2 yang ideal. Kita juga dikasih feeding chart, termasuk pemantauan BAB dan BAK bayi, untuk mengantisipasi dehidrasi pada bayi baru lahir.

Di hari ke-5,  midwive akan datang lagi ke rumah dan melakukan pengecekan yang sama, plus did check apakah tali pusat bayi sudah lepas atau belum. Ibu juga di evaluasi lagi, termasuk masalah jahitan. Kalau nggak salah, dulu saya ketauan ada problem di jahitan persalinan juga pas hari ke-5 ini. Saya kemudian dirujuk ke GP untuk pemeriksaan lebih lanjut. Di hari yang sama juga akan dilakukan Newborn blood spot test untuk pemeriksaan beberapa penyakit seperti : PKU, hypothyroidism, sickle cell, cystic fibrosis, MCADD. Untuk keterangan lengkap mengenai test ini bisa dilihat di link NHS ini.

Nah, hari ke-10 adalah hari terkahir kunjungan midwive ke rumah kalau ibu dan bayi dalam kondisi yang baik. Disini bayi akan ditimbang lagi, kalau berat badannya sudah lebih dari berat badan lahir, akan di discharge dari pengawasn midwive, dan check up kesehatan selanjutnya akan dilakukan oleh health visitor. Health visitor ini bisa nurse atau midwive, yang sudah di training khusus untuk memonitor kesehatan ibu dan anak. Finally, di kunjungan midwive kali ini problem menyusui saya teratasi, menyusui udah nggak sakit lagi karena udah menemukan posisi yang pas.






Health visitor (HV) akan datang ke rumah di hari ke 10-28. Kalau dari pengalaman kami, dulu HV datang 2x, di hari ke 12 dan ke 28. Di hari ke 10, kita akan dikasih “Personalised Child Health Record (PCHR) atau red book”. Buku ini berisi panduan screening, imuninasi, girowth chart, dll yang harus selalu dibawa saat kunjungan ke GP atau baby clinic (posyandunya UK). Kalau mau lihat isinya, silahkan intip disini ya. Di kunjungan ini, HV juga akan ngasih kontaknya, ngasih tau dimana baby clinic terdekat beserta opening timesnya. Check up oleh HV ssama kayak chek upnya midwive sebelumnya, bayi akan ditimbang, diperiksa fisiknya, di check BAB dan BAKnya. Biasanya di satu area ada 2 pilihan baby clinic, dengan jadwal operasi yang berbeda, jadi bisa disesuaikan dengan jadwal ibu. Oiya, saya juga dikasih tau oleh HV kalau breastfeed baby disarankan ambil vitamin drop dari baby clinic/health centre terdekat. Vitaminnya gratis, isinya vit A, C, D, diberikan 5 tetes sehari sampai anak umur 5 tahun.

Setelah kunjungan terakhir HV, diharapkan setiap bulan sampai bayi berumur 1 tahun, ibu dateng ke baby clinic untuk menimbang bayi plus konsultasi sama health provider disana tentang tumbuh kembang bayinya. Di baby clinic juga ada informasi tentang kursus baby massage, gratis, tapi harus booking dulu (sebaiknya booking jauh2 hari karena cepet banget penuhnya. Kalau perlu di akhir kehamilan udah cari info tentang baby clinic/health centre setempat yang provide baby massage course). Nah, kunjungan selanjutnya adalah 6-8 week check up ke GP. Pemeriksaan fisik oleh GP lebih komprehensive dari pemeriksaan HV di baby clinic. Disini ada pengecekan hips, genitalia, heart, eyes, hearing, locomotion (tone, head control), parental concern (feeding, sleep), weight, lenght. Disini pertama kali Nina di diagnosis eczema, yang masih ada sampai sekarang. Tapi sekarang alhamdulillah kondisinya udah jauuuh lebih baik.

Pas kunjungan di baby clinic, deket2 masa MPASI, akan di guide juga sama HV, dikasih tau apa yang harus disiapkan sebelum mulai MPASI, plus jadwal kursus baby food yang diselenggarakan oleh health clinic setempat, free of charge.  Kursusnya oke banget, ada gambaran gimana bikin meal plan, gimana memperkenalkan kombinasi makanan ke bayi, step2 upgrading solid food, dll.

Contoh health review notenya Nina

Setelah itu, jadwal check penting lain adalah 9 months - 1 year review. Kali ini HV yang akan ke rumah lagi. Sebelum kunjungan HV, kita dikasih kuisioner tentang perkembangan sensorik dan motorik anak kita, contoh kuisionernya bisa dilihat di link ini. Kalau ada yang nggak sesuai milestone atau ada masalah kesehatan, kita akan di refer ke GP, community peaditrician, atau hospital. Setelah anak umur 1 tahun, kunjungan anak ke baby clinic cukup 2-3 bulan sekali. Oiya, setelah tumbuh gigi, diharapkan ibu juga menaftarkan bayi di klinik dokter gigi setempat untuk pengecekan gigi setiap 6 bulan sekali.

Source: gov.uk


Nah, kunjungan selanjutnya adalah 24-28 months review. Nanti ibu akan di telp oleh health clinic setempat untuk bikin appointment. Setelah itu, akan dikirim kuisioner tentang perkembangan bahasa, sensorik, motorik anak. Contoh kuisionernya ada di sini dan di sini. Nah, kalau soal imunisasi, jadwalnya bisa dilihat di link ini. Untuk imunisasi, kita bikin appointment sendiri ke GP sesuai jadwal pemerintah. Untuk anak yang akan tinggal di Indonesia, sangat perlu catch up hepatitisB disini, karena imunisasi hepB disini nggak termasuk program pemerintah UK, jadi perlu bayar sendiri ke GP (sekali imunisasi 45 GBP, perlu 3x suntik).
Update: kata temen saya, mulai Agustus 2017, imunisasi 8, 12, dan 16 weeks pakai infanrix hexa, sudah ada hepB nya, jadi nggak perlu arrange sendiri dan lebih hemat tentunya.

Okay, segitu dulu sharingnya. Semoga bermanfaat..!!

Wassalam,

Ratri

You May Also Like

0 comments