Post partum stories

by - Thursday, November 10, 2016

Karenina, my precious little girl....

Tak terasa sekarang udah 14 bulan, udah bukan baby lagi, udah toddler sekarang...

Di post ini, saya pengen cerita tentang masa setelah Nina lahir, apa yang terjadi. Nyesel nggak nulis dari dulu2, banyak yang lupa deh, hiks.. So here is the story of us when Nina was about 0-3 month-old..

Seperti first time mom lain, rasanya overwhelmed banget sama bayi sendiri. Gado-gado rasanya waktu itu, seneng banget, capek karena proses melahirkan yg berhari-hari dan tentu saja clueless. Sesaat setelah Nina lahir, dia diletakkan di dada saya utk proses IMD sembari saya dijahit jalan lahirnya. Alhamdulillah Nina cepet bisa nyusunya. Rasanya damai banget bisa meluk bayi yg hampir 10 bulan ada di perut. Saking kusyuknya menikmati momen sama Nina, saya sampai nggak sadar kalau tinggal kami berdua di ruang bersalin itu, mama, suami n adik ipar entah kemana, midwives juga udah pada pergi. Tiba2 saya merasa kedinginan, haus, laper jadi satu. Mau mencet bell buat manggil bidan tapi nggak nyampe nyentuh bellnya. Saya nggak berani banyak gerak karena masih lemes dan ada Nina di dada saya. Hp entah kemana. Akhirnya sy teriak2 minta tolong. Untung ada petugas yang segera dateng. Saya diselimutin dan Nina diambil utk dipakein baju. Begitu suami datang, saya disarankan buat mandi dan beberes siap2 pindah ke ruang pemulihan. Beruntunglah ibu2 yg lairan di Indonesia. Di RS tempat saya kerja dulu, bidan yang akan memandikan ibu, diseka dan digantiin baju. Disini saya mandi sendiri literally mandi di kamar mandi dibantu suami. Masih inget banget kaki saya gemetar pas itu, plus darah mengucur deras, lemes euy. Pindah ruangannya pun jalan kaki, nggak pake kursi roda. Kudu setrong mah kalo lairan disini, apa2 sendiri.

Nina di RS, bajunya kegedean karena ternyata Nina lahirnya imut, hehe.


Malam pertama di RS, si Nina bobok pulas di cot. Cuma bangun untuk nyusu habis itu anteng kalau ditaruh lagi. Alhamdulillah, jadi saya bisa istirahat sebentar. Kami masih harus stay di RS minimal 48 jam, karena berat badan Nina termasuk kecil untuk usia kehamilan hampir 42 minggu (Nina lahir dengan berat 2,760gr). Selama di RS, saya harus menyusui Nina tiap 2 jam. Selama itu pula kadar glukosa darah Nina di test bertahap tiap 3 jam, lalu 6 jam akhirnya 8 jam. Pedih rasanya liat anak bayi ditusuk2 gitu. Feeling guilty gitu, soalnya pas hamil berat badan saya naik 12kg, ternyata emaknya aja yang gendut. Maafin bunda ya nak, kurang bisa bikin Nina gendut pas masih di dalem perut.

Malam kedua, Nina sama sekali nggak bisa ditaruh di cot, nangis terus tiap lepas dari gendongan. Akhirnya saya dan suami ganti2an gendong Nina semalaman. Dini harinya, saya diajarin midwife utk nyusuin sambil tiduran biar bisa istirahat. Saya cuma tahan tiduran beberapa menit, soalnya saya kesakitan pas nyusuin. Mungkin karena Nina masih terlalu kecil, dan payudara mulai lecet karena lupa nggak ngolesin nipple cream.

Alhamdulillah setelah 48 jam dipantau, kadar glukosa Nina normal terus, soalnya kalau nggak normal, kami harus stay di RS 24 jam lagi. Kami pulang di hari ketiga, setelah dapat hasil newborn screening dari Hospital. Alhamdulillah hasil test Nina semua normal. Karena kedudulan saya, kita pulang dr Rs naik bis, hehe. Saya insist kalau bayi yang nggak punya carseat nggak boleh naik taksi, ternyata boleh dong 😓. Untung jarak antara RS dan flat cm 5-10 menit by bus. Inget banget pas itu Nina nggak mau ditaruh di pram, jadi tergopoh2 jalan dari bus stop sampe flat sambil gendong Nina. Waktu itu belum beli gendongan bayi pula. Hikmah yg bisa diambil adalah, kalau punya anak lg sedia carseat and baby carrier utk newborn.

Malam pertama di Flat sama Nina tak akan terlupa. Seneng banget akhirnya bisa pulang, bawa bayi lucu nan imut. Dan tibalah saat menyusui Nina, another drama happened. Saya kesakitan luar biasa, kayak disilet2 rasanya. Nyusuin sambil tidur salah, duduk juga salah karena bekas jahitan masih sakit. Saya baru sadar pas menyusui di RS rasanya nggak separah ini karena saya minum painkiller. Akhirnya saya nggak kuat, tengah malam saya minta suami utk beli pain killer. Poor my husband, tengah malem dia cari apotik 24 jam, dingin2 naik sepeda. Alhamdulillah ada apotik yang buka.

Hari berlalu, saya masih belajar gimana biar nggak sakit kalau menyusui, posisi mana yang paling enak. Untungnya disini ada kunjungan health visitor untuk memonitor keadaan ibu dan bayi. Pas health visitor dateng, bayi ditimbang, diperiksa kuning atau tidak, gimana posisi perlekatan, bagaimana kondisi mental dan kesehatan ibu, ada kendala dalam perawatan bayi atau tidak, dll. Di kunjungan kedua, saya komplain karena bekas jahitan saya sakit sekali. Ternyata jahitan saya sedikit terbuka dan kemungkinan ada infeksi. Masha Allah, pantes rasanya nggak karuan, bukan malah membaik malah makin sakit. Akhirnya saya dirujuk ke GP untuk diperiksa dan mendapat perawatan lebih lanjut. Alhamdulillah, di masa2 yang challenging ini ada ibu mertua yang menemani kami. Saat itu kerjaan pokok saya cuma 1, nyusuin Nina. Nggak kebayang rasanya kalau berdua aja sama suami ngurus Nina. Ibu mertua juga bantuin kami memandikan Nina untuk pertama kali. Disini begitu lahir bayi nggak langsung dimandikan. Dalam kasus kami, sesuai saran health visitor, Nina dimandikan setelah tali pusarnya lepas.

Dua minggu setelah Nina lahir, tiap menyusui rasaya kayak mau maju ke medan perang, hehe, berdarah-darah soalnya. Finally, di kunjungan ketiga health visitor, kami menemukan posisi menyusui yang painless, namanya rugby ball hold. Akhirnya bisa menyusui dengan riang gembira. Tiba saatnya mertua pulang ke Saudi, back to reality. Fase perjuangan selanjutnya dimulai. Nina kalau tidur sama sekali nggak mau ditaruh, kalau ditaruh cuma bertahan 10 menit, habis itu Nina bangun dan nangis. Kerjaan rumah keteteran, saya kelabakan, makan sekenanya, masak sesempetnya. Akhirnya Nina saya gedong terus pakai jarik dan dengan begini tidurnya awet. Saya bersih2, makan, masak, sambil nggendong Nina (ini nggak safe ya, jangan ditiru). Alhamdulillah kenaikan BB Nina baik dalam 1 bulan pertama, nggak nyampe 1kg sih naiknya, tapi oke kata health visitor. Sejak itu, saya nggak perlu nyusuin tiap 2 jam, semaunya bayi aja.

Di minggu kelima, keluarga saya dateng ke London. Seneeeng banget rasanya ketemu ortu dan mbak saya. Mereka berkunjung selama 2 minggu, alhamdulillah ada bala bantuan lagi. Di usia ini, Nina udah bisa diajak berinteraksi, seneng deh, jadi bisa 'ngobrol' sama yangkung dan yangti nya. Ibu saya agak kaget pas lihat Nina, menurut ibu Nina agak kurus, nggak kayak bayi2 di Indonesia. Ibu juga prihatin sama keadaan saya yang makan seadanya. Sempet sedih waktu ditegur ibu kalau saya harus memperhatikan apa yang saya makan, harus banyak makan dan ngemil biar ASInya banyak, demi Nina. Saya bener2 clueless waktu itu. Sempet nangis, ngerasa down banget, ngerasa jadi ibu yang nggak becus. Tapi alhamdulillah diingetin sama ibu, diajari gimana memanage waktu, mengurus diri sendiri dan keluarga.

Little Nina, 1 month old

Pas bapak ibu kesini, saya semangat ngajak beliau2 jalan keliling London sambil ngajak Nina. Kirain bakal menyenangkan, malah sangat menegangkan. Lagi2 karena saya yang masih grogi kalau pergi jauh sama Nina. Mindset saya adalah, Nina ditaruh di pram saat jalan2, asumsinya Nina tidur disitu. Saat itu kami nggak punya pramsuit yang pas buat Nina, nggak kepikiran beli karena udah punya, walaupun agak kegedean. Ternyata Nina cuma tahan sebentar di pram, dan ini bikin kami semua panik, karena udara dingin, nggak punya baby carrier utk bayi seukuran Nina dan pramsuit kegedean, Kami takut kalau Nina digendong terus dia kedinginan, mau nyusuin juga bingung dimana karena dalam perjalanan. Dua kali Nina nangis sampai kami panik, puncaknya Nina gumoh banyak, dan saya nyerah, pulang aja deh. Sejak saat itu saya agak trauma kalau mau pergi jauh sama Nina. Plus kata ibu, Bapak kasian sama Nina. Pupus sudah harapan saya bersenang2 keliling London sama keluarga tercinta. Ternyata di usia segini, bayi masih butuh banget belaian ibunya, kurang nyaman kalau kelamaan di pram. Nggak papa, lagi2 dapat pelajaran berharga bagaimana trik jalan2 sama bayi merah, digendong aja pake baby carrier (plus newborn insert) biar nemplok sama emaknya.

Setelah keluarga saya pulang, qadarullah frezer tempat menyimpan ASIP saya mati, dan ASIP yang dengan susah payah saya kumpulkan semua mencair. Sedih banget waktu itu, sampai nangis kejer (emak lebay). Untung suami segera menenangkan saya, memberi semangat untuk lebih rajin pumping, sedikit2 lama2 jadi bukit. Saya juga mulai lebih sering menyusui Nina, sesuai saran ibu dan temen saya (Egha), biar produksi ASI naik dan biar Nina montok tentunya. Jadi sebelumnya, saya penasaran kenapa bayi2 lain bisa pada gendut2, padahal menurut saya, saya sudah menyusui sesuai mau Nina. Ternyata, karena digendong bobok Nina jadi lama, 2-3 jam, jadi nyusunya jarang. Saya juga kurang sadar kalau sebenarnya produksi ASI saya kurang (karena terlena dengan berat badan Nina yang naiknya oke menurut bidan disini). Pernah suatu malam Nina nangis terus, udah saya susuin masih nangis, ternyata waktu saya perah, nggak setetespun ASI yang keluar.

Two month old, sudah mulai menggendut

Bulan kedua dan ketiga, adalah masa honeymoon bagi saya dan Nina. Udah nggak ada rasa grogi2an, dan saya sangat menikmati peran sebagai ibu. Udah dapet ritmenya, kapan masak, menyusui Nina, main sama Nina, beberes rumah, dll. Seneng banget ngeliat perkembangan Nina dari bayi kurus ke bayi montok, dari bayi yang belum bisa apa2 sampai bayi yang bisa diajak ngobrol. Makin hari Nina makin lucu dan menggemaskan tentunya. Alhamdulillah.

Sama bayi kesayangan, 3 month old Nina. 



You May Also Like

0 comments