Review Jerome House - Zebra Housing London

by - Friday, May 15, 2015

Zebra Housing adalah asosiasi housing non-profit untuk International Student di London, terutama untuk student with family. Zebra housing memiliki properti di beberapa lokasi di London, yaitu : Impala house (NW1), Jerome House (SW7), Sentosa House (N1), Jeannie House (W1) dan Anson Road (N7). Untuk keterangan dari masing-masing properti beserta cara aplikasinya, dapat dilihat di website Zebra housing berikut ini: http://www.zebrahousing.com/.
Kali ini saya akan mereview Jerome House. Properti ini terletak di South Kenshington (SW7 3DU), sangat dekat dengan Imperial College London. Properti ini mempunyai 37 unit dalam 6 lantai yang terdiri dari 6 single room dengan shared bathroom, 3 studio, 24 one-bedroom flat dan 4 two-bedroom flat.

Harga sewa
Harga sewa bulanan untuk masing-masing unit adalah sebagai berikut (per April 2015):
Single room£707 – £731
Studio flat£1009 – £1083
1 bedroom flat£1158 – £1287
2 bedroom flat£1340 – £1385
Harga tersebut sudah termasuk full furnished flatheating dan water bills, sedangkan biaya tambahan perbulan adalah listrik (pre-payment key meter) dan internet. Pembayaran sewa dilakukan melalui direct debit, setiap tanggal 10-15 per bulannya. Karena mayoritas penghuni flat adalah student dengan beasiswa, Zebra Housing memberi kelonggaran pembayaran jika beasiswa telat, asalkan student menginformasikan lebih awal tentang keterlambatan tersebut.
Minimal masa kontrak di Zebra housing adalah 6 bulan, dengan syarat masa studi penghuni memang tinggal 6 bulan. Pada umunnya, lama masa kontak adalah 1 tahun dan bisa diperpanjang sampai masa studi selesai.

Fasilitas
Fasilitas Jerome House meliputi  lift, common roomcommunal laundry (zebra housing tidak menyediakan washing machine di setiap unit), guest roomcommunal vacuum cleaner, Penghuni flat bisa meminjam common room untuk berbagai acara seperti meeting, ulang tahun anak, baby shower, atau perayaan lainnya asalkan bukan acara politik/keagamaan dan tidak boleh sampai tengah malam.
Guest room juga bisa disewa oleh teman/kerabat penghuni flat dengan harga sewa 40-80 GBP per malam. Guest room bisa mengakomodasi maksimal 4 orang. Harga sewa tersebut sudah termasuk penggunaan dapur dan kamar mandi.

Lingkungan sekitar
Letak Jerome house cukup strategis dan dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Hyde Park, Green Park, Victoria & Albert Museum, Science Museum dan National History Museum. Lingkungan flat juga aman dan cenderung ramai hingga malam. Berikut pelayanan publik yang terdekat dengan Jerome House:
Police station               : Chelsea Police Station (2 Lucan Place, SW3 3PB).
Public hospital             : Chelsea and Westminster Hospital (369 Fulham Road, SW10 9NH)
Dentist                         : Imperial College Dental Surgery (Prince Gardens, SW7 1NA)
Nursery                       : Queensburry Nursery (24 Queensburry Place, SW7 2DR); Imperial College Early Years Education Centre (8 Princes Gardens, SW7 1NA)
Primary School           : Marlborough Primary School (Draycott Avenue, SW3 5AP)
Library                         : Brompton Library (210 Brompton Road, SW5 0BS)

Moda transportasi terdekat (train station, bus halte)
Tube station terdekat adalah South Kensington station (Piccadilly line, District line dan Circle line). Station ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 2 menit.
Disekitar Jerome house terdapat berbagai halte bus dengan koneksi yang sangat bagus karena terletak di central London. Jalur bus yang melintasi daerah Jerome house adalah bus nomor 14, 414, 70, 74, 49, 345, 430, 360, C1.

Tempat Belanja (Groceries, Restoran, Kebutuhan sehari-hari)
Di sekitar Jerome House, terdapat banyak restoran dengan berbagai jenis masakan seperti Japanese food, French food,  Indian food, Thailand food, Italian food, Arabian food, dll.
Supermarket terdekat adalah Tesco (50 Old Brompton Road, SW7 3DY). Sedangkan peralatan rumah tangga dapat dibeli di (Argos 164-166 Kensington High Street, London W8 7RG)

Kelebihan & Kekurangan dari akomodasi yang ditempati
Kelebihan :
  • Lokasi strategis
  • Harga sewa termasuk murah untuk daerah South Kensington
  • Pelayanan cepat dan profesional (Jerome house berada di lokasi yang sama dengan head office Zebra Housing)
  • Ada zebra housing forum yang berisi informasi social programme dan free event di sekitar London terutama untuk family dan children
  • Disediakan cot (tempat tidur bayi) dan lemari extra for free jika ada newborn di flat

Kekurangan:
  • Harga sewa cukup mepet untuk mahasiswa dari Indonesia terutama yang mendapat beasiswa
  • Daging halal sulit ditemukan (harus beli di tempat yang agak jauh)
  • Daerah yg sibuk sehingga cenderung ramai/ ribut pada malam hari
  • Tidak ada mesin cuci di tiap flat (komunal laundry berbayar)

Sekian review dari saya, jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Jerome House, silahkan kontak saya melalui email ratri.wd@gmail.com.
Galeri Foto

Ruang Keluarga
Kamar mandi

Kamar Utama
Ps : tulisan ini saya share juga di website PPI London



You May Also Like

0 comments