Merelakan IDB Merit Scholarship

by - Wednesday, December 24, 2014



Manchester 22 Desember 2014,

Pagi ini saya di rumah sendiri, suami sudah berangkat ke kampus utk melanjutkan riset. Lab saya tutup selama Christmast break dan saya belum dapat extra hours access, jadilah saya berlibur ke Manchester. 
Anyway, ditengah baca paper, saya mendapat email dari IDB, bahwa saya lolos tahap terakhir Merit Scholarship Programme for High Technology 2014/2015 utk program PhD in Medicine (keterangan lebih lanjut beasiswa ini bisa dilihat di sini )

Terus terang saya kaget, saya kira saya tidak lolos. Kenapa? Berikut kronoligisnya:

Saya mendaftar beasiswa tersebut benar2 di last minute. Biasanya deadline beasiswa tsb adalah 31 Desember, akan tetapi utk th akademik ini, deadline beasiswa diundur menjadi 31 Januari. Saya mengirim berkas2 beasiswa pd mid januari, 2 minggu sebelum deadline. Saat itu Jakarta sedang banjir, pasrah sudah.
Oiya, berkas yg dikirimkan ada form dr IDB yg ditanda-tangani oleh kepala instansi, CV, ijazah S1-master, proposal riset (saat itu proposal saya cap dgn cap fakultas tempat saya bekerja), rekomendasi+ijin dari Dekan. Hmm, sebenernya saya tdk memenuhi syarat utk apply beasiswa ini karena pengalaman kerja post-master saya baru 3 bulan, padahal syarat beasiswa tsb adalah pengalaman kerja 2 tahun setelah master.

Seleksi beasiswa ini ada beberapa tahap:
1. Tahap seleksi di Grosvenor Office IDB negara asal. Jika lolos tahap ini, berkas pelamar akan dikirim ke kantor IDB di Jeddah, Saudi Arabia. Kira2 setiap negara berhak mengirimkan maksimal 25 kandidat. Akan tetapi, pihak IDB Jakarta tidak akan memberi tahu kandidat apakah dia lolos atau tidak ke tahap berikutnya. Pengiriman berkas ke Jeddah akan dilakukan kira2 bulan Februari-Maret.
2. Seleksi internal di IDB Jeddah. Jika lolos, shortlisted candidate akan di email oleh IDB. Saya mendapat email dr IDB pada bulan Mei bahwa saya lolos pd tahap ini. Saat itu ada 14 pelamar Indonesia yg lolos. Di tahap ini, saya diminta untuk melengkapi 2nd Phase Form yang berisi CV, essay mengenai riset PhD yg akan dilakukan dan brief research proposal sesuai format IDB sbg syarat seleksi tahap selanjutnya.
3. External review. Pada tahap ini, berkas aplikan akan dinilai oleh akademia dr berbagai negara, berbagai universitas. Jika lolos pada tahap ini, again, no notification to selected candidate.
4. Internal review, tahap terakhir. Rekomendasi dari external reviewer akan dinilai kembali oleh pihak IDB di Jeddah. Menurut email terakhir dari IDB saat tahap kedua, candidate yang lolos di final selection akan dihubungi pada bulan September. 

Selain mendaftar beasiswa IDB, saya juga mendaftar beasiswa LPDP periode seleksi Maret 2014. Alhamdulillah, saya lolos seleksi LPDP. Saya tidak mendapat email apapun dari IDB sampai September. Finally, saya berangkat PhD pada bln Oktober menggunakan beasiswa LPDP.

Semoga review ini bisa menjadi referensi jika anda berminat mendaftar beasiswa IDB. Seleksi beasiswa ini berdasarkan paperwork, tdk ada wawancara. Dari pengalaman saya, kunci mendapatkan beasiswa IDB adalah nekat, isi formulir sebaik2nya (termasuk konsultasi dgn awardee IDB sebelumnya), usahakan lulus master dgn predikat excellence, buat proposal riset yg berguna utk Indonesia. Beasiswa ini cukup kompetitif, saya dengar setiap tahunnya hanya 100 orang yang diterima dari seluruh dunia. Ada lagi, Link Ini adalah referensi utama saya saat mendaftar beasiswa IDB. Good luck!

Salam, 

Ratri

You May Also Like

5 comments

  1. Terima kasih atas informasinya.. Sangat bermanfaat untuk gambaran timeline pada kami, karena sejauh ini belum ada informasi resmi dari IDB mengenai timelinenya.

    Sedikit update, kabarnya IDB sekarang sudah tidak memberikan tunjangan keluarga.
    karenanya pada form yang tahun ini, ada pernyataan untuk pembiayaan single.
    Selain itu, info yang saya dapatkan dari IDB, first phase selection result akan dinfokan pada bulan Juni ini.

    Apakah boleh saya hubungi Mba Ratri untuk informasi mengenai awardee IDB sebelumnya?
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Halo, sama2.

    Kalau saya check disini, masih ada tunjungan keluarga
    http://www.isdb.org/irj/go/km/docs/documents/IDBDevelopments/Internet/English/IDB/CM/ScholarshipAndAssistance/Scholarship/MSP/Faq.html

    Boleh, silahkan kontak via email ratri.wd@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Saya mendapatkan email dari IDB tahap 2. Tapi saya masih bingung dengan petunjuknya. Bolehkah saya menghubungi pada mbak ratri untuk mendapatkan pencerahannya. Deadline 23 Maret pukul 24.00 wib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tahu emailnya seperti apa kalau tahap 2 itu? Mohon info juga...

      Delete
    2. Saya mendapat email bahwa saya lolos sebagai shortlisted candidate dan akan dihubungi via telpon/skype, tapi tidak disebutkan deadlinenya. Saya apply untuk beasiswa master

      Delete