Cerita Ramadhan 2017 : Mengendalikan diri

by - Wednesday, June 28, 2017

Ramadan sudah berakhir, tapi hawanya masih terasa sampai sekarang. Semoga semangat beribadah dan mendekatkan diri ke Allah terus terbawa sampai perjumpaan dengan Ramadhan lagi tahun depan. Tahun ini ramadhan di UK jatuh di musim panas lagi, jadi kami harus berpuasa selama sekitar 19 jam. Ini adalah puasa pertama saya setelah menjadi istri dan ibu, 2 tahun lalu nggak puasa karena hamil dan menyusui. Awalnya saya ragu kuat puasa apa nggak, mengingat sampai sekarang masih menyusui Nina walaupun udah nggak sesering tahun lalu. Tapi suami meyakinkan untuk mencoba dulu, kalau kuat puasa ya ayok, kalau nggak kuat puasa ya sudah, we never know until we tried. 

Hari pertama puasa, rasanya kayak mau mati, hahaha, lemaaaas luar biasa. Sempet mau nyerah sekitar 6 jam menuju buka puasa karena pusing berat, tapi saya masih kuat2in, alhamdulillah akhirnya kuat juga. Setelah buka puasa, saya browsing2 gimana caranya busui biar kuat puasa. Saya nemu artikel yang menyarankan konsumsi oat untuk sahur dan banyak minum air putih. Saya mengikuti saran tersebut, hari berikutnya saya sahur pakai flapjack dan make sure saya minum minimal 8 gelas sehari. Alhamdulillah, trik ini berhasil, saya tetap bertenaga selama puasa, walaupun ASI berkurang. Soal ASI berkurang, saya santai2 aja karena Nina bisa minum susu sapi sekarang.

Ada tantangan lain di puasa kali ini : jam tidur Nina jadi kacau balau. Biasanya, Nina bobo sekitar jam 9 malam, bangun jam 7/8 pagi. Nah selama puasa, Nina boboknya jadi jam 11an malam (setelah isya disini), dan pernah juga bobok jam 9 tapi tengah malem bangun dan susah bobok sampai habis sahur. Ini cobaan yang terberat menurut saya. Di saat badan udah lemes, Nina nggak tidur2 juga, padahal udah pengen istirahat karena besoknya harus kerja di lab. Wah, pengendalian emosi bener2 diuji pada saat itu. Nina nggak bisa dipaksa bobok, dan cenderung rewel menunjukkan tanda2 kecapekan. Kalau udah pengen marah, biasanya saya menyendiri dulu beberapa menit, inhale exhale biar tetep waras, walaupun ada beberapa kali Nina nangis pas saya tinggal. Lelah jiwa raga deh emak bapaknya. Alhasil pas kerja di lab berasa kayak zombie karena cuma tidur 3-4 jam perhari. Pernah juga saya nangis sekali karena saking sutrisnya, mau ujian viva, nggak bisa belajar plus kurang tidur, balada student mom, hehehe. Sekarang boboknya udah lumayan normal lagi, alhamdulillah.

Tantangan yang lain, adalah soal keinginan belanja. Ceritanya, saya sedang berhijrah, dari pakai jilbab yang 'biasa' ke jilbab yang menutup dada dan punggung. Dari yang dulunya sering pakai celana panjang, sekarang jadi pakai gamis tiap hari. Alhamdulillah, rasanya damai setelah berhijrah. Semakin sadar bahwa dunia ini hanya perhentian sementara, dan akhiratlah tempat yang semestinya kita kejar.

Dampak dari program berhijrah saya adalah, I did shop a lot, saya beli buanyak banget khimar dan gamis, 20an khimar dan 20an gamis dalam waktu 3 bulan. Waktu direkap pengeluarannya, bikin istigfar berkali2 😿. Nah, disaat saya udah pengen stop belanja, salah satu label favourite saya ngeluarin produk baru, berkali2 dalam waktu yang singkat. Awalnya pengeeen banget beli baju lagi, tapi saya mengurungkan niat, karena memang udah banyak stok gamis, lebih dari cukup. Pas lagi mupeng2nya, saya inget kajian ustad Khalid Basalamah, yang pada intinya kalau nafsu duniawi itu tak ada habisnya kalau diturutin terus, hanya kematian yang akan menghentikan kita mengejar dunia. Ada nasihat lain yang saya ingat, semua barang yang kita punya itu akan dihisab. Dan Allah tidak menyukai orang yang berlebihan. Jadi kalau nggak bisa mengendalikan diri ya pasti ada excuse untuk beli ini itu walaupun nggak butuh, alias cuma pengen. Alhamdulillah, sekarang keinginan belanja udah reda, terimakasih sama Pak suami yang udah bantu ngerem sifat shopaholic saya sekaligus menyelamatkan keuangan keluarga, hehe.

Ada target Ramadan yang belum saya penuhi, saya belum khatam Al Quran. Sedih rasanya, semoga saya bisa khatam lagi sebelum tahun baru. Amiiinnn. Last but not least, kami mengucapkan :
Selamat hari raya Idul Fitri 1438 H

Taqabbalallahu minna waminkum
Ja’alanallahu wa iyyakum minal 'aidin wal faizin

Mohon maaf lahir batin 🙏

Keluarga Wiranegara (Nina super ngantuk pas sholat Ied)

You May Also Like

2 comments

  1. Assalamualaikum Mbak Ratri, salam kenal saya Irina. Saya sangat tertarik untuk melanjutkan master di bidang reproductive science & women's health di UCL dan juga LPDP seperti Mbak Ratri. Kebetulan saat saya melihat website ada video testimoni dari Mbak Ratri. Kalau boleh saya minta email Mbak Ratri untuk tanya-tanya & sekaligus silaturahmi. ini email saya aulianisairina@gmail.com. Terima Kasih banyak mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal Irina. Silahkan email ke ratri.wd@gmail.com ya

      Delete