Mencari akomodasi untuk keluarga di London (2)

by - Friday, November 03, 2017



Melanjutkan posting sebelumnya (Mencari akomodasi untuk keluarga di London (1)), sekarang, apa saja pilihan student housing yang ada di London? Berikut listnya :

1. Zebra Housing 
Kebetulan saya pernah tinggal di salah 1 properti Zebra Housing (Jerome House, review ada disini). Dari pengalaman saya, servicenya enak, staff sangat helpful. Di flat saya ada Mothers forum, ada piknik bareng2 utk keluarga dan mereka juga sangat supportive dengan keluarga yg punya newborn, akan disediakan tempat tidur bayi dan lemari extra for free jika diperlukan. Mereka punya beberapa properti yang tersebar di kota London, jika berminat silahkan dipilih yang paling dekat dengan kampus, atau yang paling terjangkau biaya sewanya. 

2. Du Cane Housing
Properti ini terletak di zona 2 (W12), sangat dekat dengan Imperial College London Hammersmith Campus. Du Cane housing juga covok untuk pelajar Imperial College yang di South Kensington Campus karena ada shuttle bus gratis dri Hammersmith - South Kensington Campus. Tube terdekat dari housing adalah Central line, Circle, dan Hammersmith and City line. Properti untuk student terdiri dari single ensuite room, 1 bedroom flat atau 3 bedroom flat. Berbeda dengan housing2 lainnya yang bisa apply via email/website, Du Cane Housing hanya menerima paper application yang telah diverifikasi kampus masing-masing. Jadi kita perlu isi form, terus dikirim ke student service kampus, bagian student service akan memverifikasi status student kita dan mengirimkan aplikasi kita ke Du Cane housing. Nanti setelah itu kita akan menerima email dari housing bahwa mereka sudah menerima aplikasi kita beserta application IDnya. Waitinglistnya sekitar 3 bulan, tapi bisa lebih cepat kalau kita rajin telpon ke kantornya, nah application ID-lah yang akan kita gunakan utk follow up ke office/via telp. 
Flat di Du Cane housing sangaaat luas, dan lebih berasa rumah daripada apartemen alias rumah susun. Dihousing ini, boleh punya mesin cuci sendiri (kalau di zebra housing nggak boleh ya), jadi sangat memudahkan karena nggak perlu antri. Kekurangannya, harus urus internet sendiri, dan bayar listrik sendiri. Harga sewanya berkisar antara 1,100£ untuk 1 bedroom sampai 1,400£ untuk 3 bedroom flat.  Oiya, khusus untuk 3 bedroom flat, boleh di share dengan pelajar lainnya, dengan syarat 1 pelajar harus berkeluarga, jadi bisa sangat menghemat. Du housing ini tersedia outdoor playground, common room yang bisa disewa, communal washing machine, area parkir sepeda dan parkir mobil. Info lebih lanjut silahkan cek di website mereka : https://ducaneha.org.uk/ (di website ini sudah ada contoh foto tiap flatnya).
Silahkan japri jika ada yang ingin ditanyakan terkait properti ini.

3. Nansen Village 
Lokasinya di zona 4 kota London, sekitar 45 menit via underground tube (Nothern line) untuk sampai di central London. Disini khusus untuk pelajar yang sudah berpasangan dan berkeluarga. Nansen punya fasilitas yang cukup komplit seperti nursery, play ground, park untuk barbequan, common room, communal washing machine. Seperti namanya, nansen village konsepnya seperti kampung, dimana diharapkan ada partisipasi aktif dari warganya.
Harga sewa properti ini berkisar antara 664£ (untuk studio) - 1052£ untuk 2 bedroom flat. Info selengkapnya bisa dilihat di website resmi mereka https://nansenvillage.org/ atau di review dari salah 1 mantan tenant berikut : https://rietsivicia.com/tempat-tinggal-kami-di-london-nansen-village/

4. Goodenough College.
Goodenough berlokasi di central London, within walking distance dari UCL, KCL, LSE. Goodenough juga menyediakan flat yang bervariasi mulai dari 1 bedroom flat sampai 3 bedroom flat untuk student with family. Harga sewanya termasuk mahal, sebanding dengan lokasi dan fasilitas yang disediakan, misalnya untuk 1 bedroom flat yang ukuran kamarnya sedang, kita harus membayar sekitar 1700£. Tapi Goodenough juga menyediakan scholarship untuk tinggal disana. Proses aplikasi untuk masuk Goodenough  juga kompetitif dan pendaftaran hanya dibuka untuk periode tertentu.  College ini salah satu sejarahnya adalah versi Oxbridge College yang ada di London, jadi termasuk prestigious accommodation in London. Salah satu alumninya adalah mantan presiden Afika Selatan, prime minister new zealand, dll. Mereka punya ikatan erat dengan alumni-alumninya. Informasi lebih lengkap silahkan di explore di website resminya:  www.goodenough.ac.uk

5. International Student House
Ada lagi akomodasi di London yang affordable untuk family, namanya International Student House (http://ish.org.uk). International Students House mempunyai 62 flats untuk couples dan students with families, yang terdiri dari studio flats untuk couples dan 1 atau 2 bedroomed flats untuk pasangan yang sudah memiliki anak.  Sama dengan Goodenough, aplikasi utk tenancy di ISH hanya terbuka di periode tertentu, dan mereka juga menyediakan 47 scholarship bagi selected applicant (especially untuk aplikan dari developing/emerging country dan berniat pulang setelah studi. ISH mempunyai beberapa properti yang tersebar di London (York Terrace East, Blain House (Balham), Colosseum Terrace, dan City Flats) jadi pilihannya banyak. Harga sewa bervariasi antara  £700-2,230 per bulan, tergantung lokasi dan fasilitas di setiap properti, klik disini dan disini utk info lebih lanjut.

6. Akomodasi yang disediakan tiap universitas
UCL dan Universitas lainnya di London juga menyediakan akomodasi utk keluarga, silahkan dilihat di website universitas masing-masing mengenai akomodasi. Ini ada beberapa link yang bisa di explore lagi:
◾UCL : http://www.ucl.ac.uk/prospective-students/accommodation/application/couples-and-families

7. Akomodasi swasta
Berbeda dengan akomodasi2 di atas yang mendapat subsidi dari charity/universitas, ada juga akomodasi swasta yang bisa disewa untuk student with family, tapi rata2 hanya untuk couples. Tentu saja harganya lebih mahal, sesuai dengan lokasi strategis dan fasilitas premium yang disedikan (ada gym dan sometimes cafe)
◾Gradpad
Gradpad menerima postgraduate student dengan pasangan (tanpa anak) di premium dan deluxe studios yang harga sewanya antara £289-3399 per week inclusive of all bills, termasuk internet. More info at: http://www.gradpadlondon.com/live/.
◾Unite : https://www.unitestudents.com/london
◾The student housing company: http://thestudenthousingcompany.com/locations/london/therese-house/


Hope the above information is helpful 😊


Cheers,

Ratri



You May Also Like

0 comments