Mencari akomodasi untuk keluarga di London (1)

by - Friday, October 13, 2017





London terkenal dengan biaya hidup yang selangit, apalagi soal akomodasi. Kali ini saya ingin berbagi soal mencari akomodasi untuk student with family di London, khususnya student accommodation. Personally, saya lebih memilih tinggal di managed accommodation khusus utk pelajar daripada sewa flat sendiri. Walaupun harus menunggu beberapa waktu (ada waiting list dari pendaftaran samapai mendapat offer flat), berikut ini ada beberapa pertimbangan kenapa saya lebih memilih student accommodation:

1. Harga murah untuk daerah tersebut. 
Hal ini karena biasanya student housing mempunyai harga sekitar 30-40% lebih murah dari rata2 flat di daerah itu. Biasanya dapat subsidi dari kampus, atau dari organisasi non-profit lainnya. Selain itu, beberapa housing juga sudah memasukkan biaya listrik, air dan internet dalam uang sewa bulanannya, jadinya bisa menghemat biaya dan nggak ribet urus ini itu. 

2. Lokasi setrategis
Biasanya transportasi dan fasilitas umum lainnya juga aksesnya mudah. Student accommodation ada yang berlokasi di central London, ada juga di zone 2,3 dst. Semakin dekat dengan central, semakin mahal tentunya.

3. Fully furnished
Perabot biasanya sudah lengkap, dari mulai tempat tidur, lemari, sofa, bahkan ada housing yang menyediakan tempat tidur bayi. Jika ada kerusakan terhadap fasilitas di dalam flat, kita tinggal bikin laporan ke housing management dan akan diganti/diperbaiki sesegera mungkin. Dulu saat saya tinggal di Zebra Housing - Jerome House (review ada disini), ganti bohlam lampu aja difasilitasi, gratis dan dipasangkan oleh teknisi housing. 

4. Administrasi mudah
Dari pengalaman saya, proses pendaftaran untuk dapat flat tidak berbeli-belit. Untuk Zebra Housing, pendaftaran hanya melalui web. Sedangkan untuk Du Cane Housing, pendaftaran harus melalui kampus, bisa datang langsung maupun via post. Biasanya setelah mereka menerima berkas kita, kita akan mendapatkan email konfirmasi, beserta perkiraan waiting timenya (antara 3 bulan - 1 tahun). Kontrak di student housing biasanya minimal 6 bulan, dan maksimal 4 tahun, jadi tidak perlu perpanjang setiap tahun. Enaknya lagi, bita bisa downgrade/upgrade properti, dan akan diprioritaskan dibanding aplikan dari luar. Misalnya, saya sekarang tinggal di 1 bedroom, trus mau upgrade ke 3 bedroom, tinggal email management dan tunggu kabar dari mereka kalau ada properti yang available. 

5. Fasilitas lengkap
Ada communal washing machine and dryer, ada common room kalau mau bikin acara dan ngundang banyak orang, ada play ground juga. Di Zebra housing dulu juga menyediakan vacuum cleaner untuk 1 gedung, dan di properti kami ada extra room yang bisa disewa kalau ada saudara atau teman yang menginap. 

6. Ada komunitas
Well, ini tidak begitu berlaku di Du Cane Housing. Tapi di Jerome dulu, pihak management sering mengkoordinasi family friendly event seperti nonton teater/movie bersama (dimana tiketnya lebih murah dari harga pasaran), summer picnic, dll. Mereka juga sering kasih info soal event2 gratis, family friendly yang sedang happening di London. Saya dengar di Nansen Village ada toddler & parent day, cooking club, ping pong club, tennis club dsb. 

Lanjut next post untuk list student housing yang ada di London ya....


You May Also Like

0 comments