Tips belanja keperluan anak di Inggris (London)

by - Tuesday, November 14, 2017


Assalamuallaikum...

Siapa ibu2 disini yang suka belanja? Saya! *tunjuktangan*
Well, di antara ibu dan mbak saya dirumah, saya yang paling 'kuat' belanjanya. Jaman masih di Jogja dulu, saya bs non-stop window shopping seharian, dari jam 10 pagi pas tokonya baru buka, sampai toko2 tutup jam 9 malam. Alhamdulillah sekarang udah tobat, semenjak punya anak, jaraaaaang banget window shopping yang nggak jelas juntrungannya. Kebanyakan shopping online, itu juga pas SALE   Di post ini saya ingin berbagi cara menghemat belanja keperluan anak di London. Eh bukan hanya belanja sih, ada juga cara gimana biar dapet barang gratisan. So here we go:

1. Belanja baju anak
Di London ada toko yang jual baju2 super murah, namanya PRIMARK. Tapi saya kapok beli baju anak disitu. Murah sih iya, tapi kualitasnya nggak oke. Dengan harga yang sama dengan Primark, saya bisa dapet baju yang kualitasnya jauuh lebih oke, dan model-modelnya pun lebih bagus. Syaratnya, beli saat sale 50%. Saya biasa beli brand NEXT dan MOTHERCARE buat Nina. Dua brand ini biasanya punya big sale setiap 3 bulan sekali. Jadi saya beli baju buat Nina juga 3 bulan sekali, pas sama pembagian ukuran baju di UK (0-3 months, 3-6 months, dst). Sekali belanja biasanya langsung banyak, tapi makin kesini makin berkurang karena petumbuhan Nina udah nggak sedrastis dulu lagi. Enaknya belanja di 2 brand itu, kita bisa ambil barang sebanyak-banyaknya, misalnya 2 ukuran yang berbeda untuk baju yang sama (in case ragu sama ukuran anak kita), nanti sesampainya dirumah diseleksi lagi mana yang pas, trus sisanya tinggal di refund deh. Di UK, barang yang sudah dibeli bisa dikembalikan dgn alasan : change mind, wrong size, wrong item, damage item (asal masih dalam waktu 14 atau 28 hari dan masih dalam original condition). Nah, kapan 2 brand itu sale? Sekitar mid March, mid July, mid September, late December. Mothercare dan Next periodenya sama, cuma selisih beberapa hari aja, kadang duluan mothercare, kadang duluan next. Subscribe ke dua website brand itu untuk dapet jadwal pasti salenya.
Next: Ada sale online maupun in store. Biasanya yang in-store 3 jam lebih dulu daripada on-line, dan mulainya super pagi, sekitar jam 5 atau 6 pagi. Alhamdulillah flat saya cuma 10 menit naik bus ke salah 1 cabang Next yang cukup besar. Jadi no problem kalau harus berangkat pagi2. Biasanya saya pergi sendirian, anak masih bobok dan suami tunggu rumah. Karena biasanya super rame, saya ambil barang borongan terus langsung antri bayar, seperti yang tadi saya bilang, nanti barangnya disortir dirumah.
Mothercare: Nah, kalau mothercare saya lebih sering belanja sale online, karena kl member dapat sale preview duluan, jadi kita bisa milih barang yg dimau sebelum online and instore online beneran launch. Disini walaupun online, kita juga harus tepat waktu, kalau nggak barang cepet habis. Nanti barang yang nggak cocok bisa di refund di store.

2 Belanja Sepatu anak
Nah, walaupun mothercare and next sering diskon, tapi sepatu di kedua brand itu jarang didiskon. Jadinya saya biasa beli di clarks outlet, atau beli brand mini melissa di sini http://www.nonnon.co.uk/

3. Belanja mainan Anak
Kalau mainan anak, saya biasanya beli baru untuk yang tipe soft toys (semacam boneka2 gitu) dan 2nd hand utk hard toys. Belinya dimana aja? Barang baru bisa dibeli di amazon, ebay, atau ELCnya mothercare (again, cari sale or cari yang paling murah diantara 3 on line store tsb). Kalau barang 2nd carinya di eBay, Sphock (https://www.shpock.com/), atau kalau offline cari charity shop semacam Fara charity shop (faracharityshop.org) atau di 2nd hand market. Di UK ada beberapa 2nd hand market khusus utk baby and child items, diantaranya:
1. NCT nearly new sale : untuk tanggal kapan ada event mereka, bisa dilihat di websitenya, tergantung lokasi tempat tinggal kita (https://www.nct.org.uk/branches/events/nearly-new-sales). Nah, masuk ke event ini ada tarifnya, sekitar 1.5 - 2£. Oiya, di sale ini bisa nawar lho, jadi walaupun harganya udah murah, kadang masih bisa ditawar.
2. Moms2market: kalau ini, saya pantau eventnya di Facebook, sesuai dengan wilayah saya. Sama kayak nct, bisa pilih lokasi yang dekat dgn rumah (https://www.facebook.com/pg/mum2mummarket/events/). Or bisa juga  cek di websitenya : http://www.mum2mummarket.co.uk/nearly-new-sales.html#.WgrgFrHTWf0. Disini juga masuknya bayar dan harga barang bisa ditawar.
3. Baby and Children market: Jujur aja saya belum pernah ke market ini, so blm ada pengalaman, tapi kl mau coba bisa diliat jadwal sale di web mereka:  https://www.babyandchildrensmarket.co.uk/
4. Cheeki Monkeys: saya juga belum pernah kesini karena lokasinya jauh-jauh dari rumah, berat di ongkos euy, hehe. For more information bs diliat di website ya: http://www.cheekimonkeys.co.uk/. Di ke empat event diatas nggak hanya jual mainan aja, ada segala macam perlengkapan anak, baju2, buku2, lengkap lah.
5. Car boot sale: Nah ini nggak spesifik market khusus untuk anak, apa aja ada, random gitu. Saya biasanya cari event ini di aplikasi namanya Hoop (http://hoop.co.uk/). Aplikasi ini sangat helpful kalau punya anak, karena disitu selain ada market event, ada juga children event, baik yang gratis maupun berbayar. Enaknya lagi, app itu secara otomatis akan nunjukin event yang dekat dengan lokasi kita.

4. Belanja Stroller
Saya beli stroller buat Nina di online shop dari Belanda, namanya babycare.nl. Kami dulu beli merk Bugaboo, karena cari yang awet dan biar nggak perlu ganti2 kalau Nina punya adek. Kenapa beli di Belanda? Karena simply lebih murah drpd beli di UK, hemat 100£. Setelah beli stroller, kami dapet info kalau bisa beli stroller bugaboo baru dengan diskon 50%. Belinya di The Baby show (http://thebabyshow.co.uk), pas hari terakhir. Jadi the baby show itu pameran produk2 bayi terbesar di UK, sangat berguna kalau mau nyobain berbagai macam stroller, high chair, baby swing, cot, nursing chair dl,. di hari terakhir event ini, biasanya stal2 akan menjual barang2 ex display dengan harga super murah, 50% or more dari retail price. Event ini ada di London, Birmingham, setiap Maret dan Oktober. Selain di hari  ada good deal disini, tapi tiket masuknya lumayan mahal, sekitar 13£. Makanya kalau cuma survey2 doang kurang worth it. Sebelum dateng kesini higly recomended utk bikin list barang apa aja yang may dibeli, jadi sampe sana nanti nggak bingung dan nggak salah fokus.

5. Cari furniture bayi
Sejujurnya kami hampir nggak pernah beli furniture bayi, dulunya mau beli cot di IKEA, tapi ternyata dikasih gratis sama housing. Untuk furniture kami suka cari barang gratisan, hehe. Dimana carinya? Di freecycle.org. Lewat situs itu, kami dapet high chair prima papa, cot top changer John Lewis, Baby Bjorn Bouncer Balance Soft, toodler bed IKEA. Selain dapet barang gratisan dari freecycle, kami juga beberapa kali dapat barang gratisan dari tetangga. Ini enaknya tinggal di student housing, hehe. So far kami pernah dapet lungsuran play pen, baby swing, freezer, mesin cuci, otoped, perosotan, lumayan banget kan?

6. Buku Anak
Untuk buku, kami jaraaaang banget beli, hanya pernah beli buku-buku Islam buat Nina, karena di Library nggak ada buku Islam buat anak. Kami rajin pinjem buku di perpustakaan Borough (semacam kabupaten gitu). Sekali pinjem bisa sampai 20 buku, kami pinjem tiap 2 - 4 minggu, gratis. Tapi kata temen disini, TK Maxx jual buku2 murah.

Okay, segitu dulu sharingnya. Semoga bermanfaat yaaa 

Ratri

You May Also Like

0 comments