The Proposal and behind the scene stories

by - Sunday, April 07, 2013

27 Maret
Saya sampai rumah Prambanan. Kaget euy, dinding teras rumah di keramik sama bapak, kursi2 tua diperbaiki [pantesan kata bapak g perlu nyewa kursi- makasih bapak :')-].Trus ibu telpon kalau beliau belum pesen balasan hantaran sama sekali *pingsan*. Akhirnya, sore itu juga kita ke katering, pesen roti kering dll plus wrappingnya. Oiya, kita juga confirm menu katering n nuansa dekorasinya.

28 Maret
Ke kampus, cari rekomendasi dosen buat apply beasiswa Ph.D, tapi dosen saya g ada di tempat, ya sudah. Lanjut acara jemput keluarga mas pacar di bandara n stasiun. Untung ada supir ibu n mobil dinasnya, kalau g, mana cukup mobil saya, bawaannya camer buanyak banget. 

29 Maret
Nyalon sama camer n adik2 mas pacar di Jogja House of Beauty. Sebenernya saya cuma pengen manicure aja, tapi disuruh perawatan wajah+badan sama calon ibu mertua. Jadilah saya totok wajah n pijet, hehehe. Habis nyalon, harus jemput budhe dari Jakarta. Trus sekalian beli parcel buah buat balesan hantaran. Sampai di rumah, bapak bilang kalau beliau belum cari ustad. Deuuuuh. 

30 Maret
Bangun pas subuh. Langsung sholat, mandi and ke salon. Oiya, saya ke salon sendirian dongs, nyetir sendiri secara pagi2 buta masih pada sibuk ngurusin the printilans di rumah. Bapak harus ambil snack n balasan hantaran, mas bayu nata kursi, mbak sari n suaminya nganter wajik ke keluarga mas pacar, ibu n pasukan nyiapin katering di rumah. 

Acara di jadwalkan mulai jam 10.00, tp rombongan mas pacar telat 30 menit (saya udah deg2an aja, jadi dilamar g nih?). Ternyata mas pacar pake acara nyasar pas ambil cupcakes, telat deh jadinya. Dan kakak sepupu saya yang harusnya jadi mc juga baru dateng jam 10.20, hehe, jadi pas lah ya. 
Finally mas pacar n rombongan dataang
Alhamdulillah, acara lamaran berjalan dengan lancar. Secara garis besar, ini susunan acara lamaran kami kemarin :
1.Pembukaan oleh MC atau pembawa acara
2.Sambutan keluarga pihak wanita
3.Sambutan keluarga pihak pria, termasuk mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan keluarga pria sekaligus menanyakan perihal kesediaan pihak wanita atas pinangan mereka. Di sesi ini tiba2, camer saya memperkenalkan keluarga besarnya. Padahal harusnya perkenalan keluarga itu habis saya ngejawab lamaran, sebelum lunch. Gak liat deh saya, hiks. 

4.Keluarga wanita: mengutarakan jawaban atas pinangan. Sebelum jawaban atas pinangan diberikan, saya keluar dari kamar dan ikut bergabung dalam acara lamaran dan langsung menjawab lamaran keluarga si mas pacar (Curang ya, saya jawab langsung tp si mas  nglamarnya diwakilin sama papanya.  Sebenernya saya mau ngerjain si mas sebelum njawab lamaran, tp keburu grogi  g boleh sama bapak). Habis itu, bapak juga memperkenalkan keluarga besar saya. Kemaren yang dateng sebagian aja, walaupun jumlahnya 50 orang. Mungkin besok2 sodara2 bapak dikasih nomer punggung aja kali ya, biar gampang ngapalinnya, secara bapak 11 bersaudara gitu. Belom sepupu2 saya yg jumlahnya puluhan. Satu trah bs sampai 100an orang sendiri *mabok*
Malu2 selepas menjawab pinangan 
5.Penyerahan secara simbolis hantaran lamaran dari ibu (pihak pria) kepada ibu (pihak wanita) dilanjutkan dengan tukar cincin. Suka deh hantarannya, favorit saya semua ituh, makasih banyak ya mas pacar dan calon mertua :)
Putting on the ring
6.Pembacaan Doa oleh Ustadz, bersama-sama dengan tujuan agar segala sesuatu yang telah direncanakan dapat berjalan lancar.
7.Penutupan oleh MC dilanjutkan dengan acara ramah tamah/makan bersama.
Foto2 dulu sebelum makan bersama

Bon apetite papanya mas pacar

8.Diskusi mengenai pernikahan (tanggal, perkiraan jumlah tamu utk menentukan gedung, konsep acara+adat)
9.Keluarga rombongan pria melanjutkan dengan perjalanan pulang, pemberian balasan hantaran
The hantaran lamaran
Viola, we are engaged...!
 Love,

Tunangannya mas Radit 

You May Also Like

0 comments